April 20, 2024
Uncategorized

10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton

Velodrome – Film dokumenter tentang fashion sudah ada sejak tahun 2000an saat mode punya pengaruh luar biasa dibanding era sebelumnya. Film-film dokumenter tersebut dikerjakan oleh sineas karena dianggap mempunyai signifikansi pengaruh yang tinggi dan layak diabadikan dalam cerita film non fiksi.

Divertone merangkum 10 film dokumenter tentang fashion di era 2000an yang wajib ditonton sama ‘Fashion Enthusiast’!

In Vogue : The Editor’s Eye

[caption id="attachment_25569" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : Fashion Diva[/caption] Film yang dirilis pada 2012 ini menceritakan tentang perspektif para editor majalah Vogue untuk mendeskripsikan perjalanan majalah tersebut dari tahun ke tahun. Anna Wintour sebagai editor American Vogue saat itu memulai dialog tentang pekerjaannya sebagai editor dan dampaknya terhadap industri fashion. Beberapa editor Vogue lainnya seperti Grace Coddington, Phyllis Posnik, dan Carlyne Cerf de Dudzeele juga turut berbicara untuk mendeskripsikan proses kreatif dari majalah fashion nomor satu itu.

The First Monday in May

[caption id="attachment_25572" align="aligncenter" width="599"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : http://www.chinesegraffiti.com[/caption] Dokumenter yang dirilis tahun lalu ini menceritakan tentang salah satu event terpenting di dunia fashion yang digelar setiap tahun yakni Met Gala. Sang sutradara Andrew Rossi membuat film ini untuk menceritakan sebuah momen tahunan dalam fashion yang digelar di Metropolitan Museum New York, Amerika Serikat itu. Met Gala adalah representasi fashion dalam upayanya menjadi salah satu produk seni yang layak untuk ditampilkan di Museum seperti karya seni murni. Film tersebut mendokumentasikan Met Gala pada tahun 2015 saat acara tersebut menampilkan karya-karya desainer yang avant-garde dengan tema Chinese Heritage.

The September Issue

[caption id="attachment_25573" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : The Odyssey Online[/caption] R J Culter mendokumentasikan film tentang majalah American Vogue saat akan merilis edisi pada bulan September 2007. Edisi itu menjadi edisi paling tebal yang pernah dirilis American Vogue. The September Issue medeskripsikan majalah Vogue yang mematok edisi bulan September sebagai indikator gambaran tren tahun berikutnya. Di dalam film, sebuah proses kreatif dikerjakan dengan usaha yang keras dari tim Vogue.

Bill Cunningham New York

[caption id="attachment_25574" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : www.futurefrock.co.uk[/caption] Menceritakan tentang fotografer fashion ternama Bill Cunningham yang mendedikasikan hidupnya untuk memotret citra fashion di jalan raya sekitar Big Apple, New York. Film yang dirilis pada 2010 itu mengisahkan aksi Bill Cunnigham setiap hari berada di jalan dan beberapa momen besar untuk mendeskripsikan sebuah citra fashion yang lebih massif dan nyata.

Dior and I

[caption id="attachment_25575" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : YouTube[/caption] Film karya Frédéric Tcheng ini mendokumentasikan cerita saat Raf Simons menjadi creative director Dior pada tahun 2012. Sosok Raf Simons yang terbiasa mendesain pakaian minimalist menswear, harus mengerjakan koleksi couture Dior yang memberikan tantangan besar baginya. (Baca juga : Selebriti Dengan Fashion Terbaik di Coachella 2017)

The True Cost

[caption id="attachment_25576" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : Nomads Clothing[/caption] Film yang diliris pada tahun 2015 ini menceritakan tentang fenomena fast fashion di dunia. Pada intinya, film tersebut mengisahkan sisi gelap dari industri fashion yang sarat dengan perbudakan dan dampaknya terhadap lingkungan. Film tersebut membahas industri mode dari rantai produksi paling bawah yakni manufaktur dan pertanian yang ternyata juga memiliki sisi gelap.

Valentino : The Last Emperor

[caption id="attachment_25577" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : DVD Covers[/caption] Film ini menceritakan perjalanan karir desainer Valentino Garvani yang saat ini dikenal melalui brand fashion Valentino. Valentino digambarkan sebagai pria yang paling berpengaruh di industri fashion Italia bersama rekannya Giancarlo Giammetti. Kedua desainer tersebut menjadi sosok desainer yang punya ide-ide cerdas untuk membawa fashion menjadi bisnis yang diperhitungkan.

Largerfeld Confidential

[caption id="attachment_25578" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : Fabulous Muses[/caption] Film yang disutradarai oleh Rodolphe Marconi ini mengangkat sosok Karl lagerfeld, seorang desainer fashion yang mempunyai banyak rahasia dalam hidupnya. karya dokumenter ini akan memperlihatkan karir Lagerfeld untuk mencapai keinginannya terlibat dalam industri fashion. Film yang dirilis pada tahun 2007 ini banyak mengungkap kehidupan pribadi Karl Lagerfeld yang sarat dengan intrik.

Diana Vreeland : The Eye Has to Travel

[caption id="attachment_25579" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : Teen Vogue[/caption] Film yang juga dikerjakan oleh Frédéric Tcheng ini mengisahkan seorang maestro fashion yakni Diana Vreeland. Nama Vreeland terkenal di kalangan media karena ia pernah telibat Vogue, dan Harper’s Bazzar, serta kontribusinya pada Met Gala. Pengaruhnya dalam industri fashion sangat kentara saat ia menjadi editor in chief Vogue Magazine pada masanya.

Iris

[caption id="attachment_25580" align="aligncenter" width="600"]10 Film Dokumenter tentang Fashion Yang Wajib Kamu Tonton Image : YouTube[/caption] Film yang disutradari oleh Albert Maysles ini adalah tribute untuk seorang Iris Apfel yang menjadi ikon fashion eclectic. Iris yang juga menjadi interior designer itu memang menjadi sosok yang menarik karena penampilannya yang ramai dan rich. Penonton akan disuguhkan tentang kisah hidup Iris dan pandangannya terhadap fashion. Film yang dirilis pada 2014 ini memperlihatkan bagaimana Iris dipandang sebagai soerang seniman melalui penampilannya yang cenderung nyentrik bahkan saat ia berusia lanjut.

Melalui beberapa film dokumenter ini, Anda bisa sekaligus belajar dari beberapa sosok dalam industri fashion serta memahami bagaimana proses kreatif dalam industri mode. Semoga terinsiprasi untuk karya fashion Anda!

Editor : MP Jathia

]]>

Related posts

5 Band Luar Siap Panaskan JakCloth SummerFest 2017

Angga Foster

Panggung Terakhir Sucker Head Di Hammersonic 2017

Angga Foster

SoundCloud Baru Saja Rilis Fitur Teranyarnya The Upload

Angga Foster

Leave a Comment