April 18, 2024
Uncategorized

Catatan Perjalanan, Pelangi Di Puncak Merapi

Velodrome – Perjalanan kali ini adalah yang kedua kalinya kegunung yang disebut sebagai petilasan penguasa jawa. Awalnya hanya TS dan seorang kawan dari Aliansi Oasis Indonesia Raya (AOIR ) yang akan berangkat ke Merapi. Tetapi menjelang keberangkatan anggota kami menjadi bertambah menjadi total 6 orang. Tim kami terdiri 3 orang cowok ( Ts, Kalam, Agung) dan 3 cewek (Wiwiek, Odel, Arfi ). Seminggu sebelum keberangkatan, kami mencari tiket bis di terminal Pondok Pinang ( pindahan terminal Lebak Bulus ) yang tergusur proyek MRT. Awalnya kami berencana untuk berangkat menggunakan kereta api. Tetapi karena hari keberangkatan jatuh saat weened maka kami kehabisan tiket kereta api menuju Semarang. Untunglah, untuk kepulangan kami masih mendapatkan kereta Kertajaya Tambahan yang berangkat hari senin, jam 03.30 pagi dari Stasiun Semarang Tawang. Gunung Merapi mempunya ketinggian 2930 mdpl, terletak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengan. Jalur pendakian yang paling terkenal adalah melalui Selo. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. merapi 3 Hari H keberangkatan, memulai perjalanan dari Terminal Pondok Pinang tujuan Boyolali tepat pukul 16.30. Oya, tujuan kami untuk mendaki Merapi kali ini adalah melalui Boyolali lalu lanjut ke Selo. Biasanya orang mengetahui gunung merapi dari Yogyakarta lalu ke arah Kaliurang lanjut ke dusun Kinahrejo. Tetepi sejak erusi tahun 2010, pendakian melalui Kaliurang atau Kinahrejo sudah tertutup. Tepat pukul 08.00 keesokan harinya kami tiba di kota Boyolali. Sampai di terminal Boyolali, lalu kami mencari carteran mobil Selo. Sempat terjadi insiden kecil di sini, tetapi untunglah dapat diselesaikan dengan baik. Perjalanan dari Terminal Boyolali ke Selo kira-kira memakan waktu 1 ½ jam. Sampai di Basecamp Selo kami istirahat sebentar sekaligus sarapan. Sekitar sejam istirahat kami memulai pendakian tepat pukul 11 siang. Perjalanan diawali jalan aspal menuju new selo. Sekitar 30 menit berjalan sampailah kami di New Selo. Disini terdapat tulis besar NEW SELO dan juga banyak warung yang berjualan. merapi 1 Sampai di New Selo, kami kembali beristirahat. Sekitar setengah jam istirahat kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Pos 1. Perjalanan dari New Selo ke pos 1 melalui trek tanah dan menanjak. Sekitar 1 ½ jam berjalan sampailah kami di Pos 1 atau pintu rimba. Tepat kami sampai di pos 1, kami disambut hujan lebat. Untunglah terdapat Saung untuk berteduh di pos 1 ini. Setelah hujan reda kami kembali melanjutkan perjalanan ke pos 2. Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2, trek masih berupa tanah yang menanjak dan licin. Sekitar pukul 14.00, sampailah kami di pos 2 dan hujan kembali mengguyur. Di pos 2 juga terdapat semacam saung yg bisa menampung kurang lebih 10 orang. Setengah jam beristirahat, hujan mulai reda dan kami kembali melanjutkan perjalanan menuju pos 3. Trek masih sama berupa tanah dan sangat licin. Kami tiba di pos 3 sekitar pukul 16.00. Awalnya kami berencana untuk membuka tenda di Pos 4 atau Pasar Bubrah. Tapi karena di Pasar Bubrah sangat terbuka dan angin kencang, maka kami memutuskan untuk membuka tenda di pos 3. Setelah tenda terpasang, lalu dilanjutkan dengan makan malam dan beristirahat. Rencana kami akan summit esok pagi pukul 04.00 untuk mengejar sunrise dan menuju puncak. Tetapi ternyata keesokan pagi hujan turun dan kami harus menunggu reda. Maka gagal lah kami untuk mengejar sunrise pagi itu. Sekitar pukul 6 hujan mulai reda dan kami mulai summit. Perjalanan dari pos 3 menuju Pasar Bubrah sekitar 1 jam. Sampai di Pasar Bubrah, kami disambut dengan pemandangan yang sangat indah. Gunung Merbabu sekaligus Pelangi setelah hujan menjadi pemandangan yang sulit diungkapan dengan kata2. Setelah puas melihat pelangi kami melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Merapi.s Sebenarnya batas pendakian resmi gunung Merapi hanya sampai Pasar Bubrah. Tetapi karena banyak pendaki yang tetap nekat menujut puncak, maka kami juga tergoda untuk muncak ( jangan ditiru yah..). Perjalanan menuju puncak kami melalui trek berpasir dan terjal. Bila kita melangkah 3 langkah turun 2 langkah. Mendekati puncak trek berubah menjadi bebatuan dan pasir. merapi 2 Sekitar 1 jam sampailah kami di puncak Merapi. Puncak Merapi sempit sehingga menyulitkan untuk berjalan. Tidak berlama2 di puncak kami lalu memutuskan untuk turun. Perjalanan turun ke pasar bubrah hanya sekitar 30 menit. Lalu kami melanjutkan turun ke pos 3. Sampai pos 3 kami makan-makan sekalian menghabiskan logistik. Perjalanan turun dari pos 3 ke New Selo sekitar 2 jam. Kami minta dijemput di New Selo dengan transportasi yang kemarin. Perjalanan dari New Selo ke terminal Boyolali sekitar 2 jam an. Sampai terminal Boyolali kami melanjutkan perjalanan menuju stasiun Tawang dengan bis Solo – Semarang via Boyolali. Demikian catatan perjalanan menuju gunung Merapi dengan bonus Pelangi di Puncak Merapi.]]>