April 20, 2024
Image default
What's New

Legenda Punk Cock Sparrer Lepas MV “Here We Stand” Dari Album Mendatang

South Jakarta – Kabar baru datang dari band punk rock asal London, Inggris, Cock Sparrer. Band yang terbentuk pada tahun 1972 tersebut baru meluncurikan video musik baru untuk single “Here We Stand”. Judul lagu “Here We Stand” sendiri sama dengan judul album Cock Sparrer yang rilis di tahun 2007 lalu. Lagu “Here We Stand” diambil dari album Cock Sparrer mendatang, ‘Hand On Heart’ yang dirilis pada 5 April 2024 dibawah label Captain Oi! (Britania Raya), Randale (Eropa) dan Pirates Press (Amerika Serikat). Untuk video musik lagu “Here We Stand” disutradarai oleh Chris Curtis dan diproduseri oleh Alex Black.

Cock Sparrer didirikan di East London oleh Colin McFaull, Mick Beaufoy, Steve “Burge” Burgess dan Steve Bruce yang telah saling kenal sejak usia 11 tahun. Bermain di klub malam di dan sekitar London, mereka mengembangkan gaya yang kemudian dikenal sebagai streetpunk atau Oi!, dipadukan dengan pengaruh pub rock/R&B. Pada tahun 1976, Garrie Lammin (sepupu Burge) bergabung sebagai gitaris kedua, dan band ini bertemu dengan Malcolm McLaren, yang sedang mempertimbangkan untuk mengelola Cock Sparrer bersama Sex Pistols.

Pada tahun 1977, band ini mendapatkan kesepakatan rekaman dengan Decca Records, yang berharap mendapatkan keuntungan dari gerakan punk yang saat itu sedang berkembang. Single Cock Sparrer pertama adalah “Runnin’ Riot”, dirilis pada Mei 1977. Single tersebut tidak terjual dengan baik, begitu pula single berikutnya (cover “We Love You” milik Rolling Stones), dan Decca Records mengeluarkan mereka  pada tahun 1978. Para anggota band yang telah merekam materi satu album, yang hanya dirilis di Spanyol sebagai Cock Sparrer dan tidak secara resmi dikeluarkan di Inggris sampai Razor Records merilisnya pada tahun 1987 sebagai True Grit. Cock Sparrer menghentikan aktivitasnya pada akhir tahun 1978.

Pada tahun 1981, lagu-lagu lama Cock Sparrer dimasukkan di beberapa album kompilasi, Oi!. Cock Sparrer kemdian melakukan reformasi pada tahun 1982 – dengan Chris Skepis menggantikan Gary Lammin sebagai gitaris kedua  dan menandatangani kontrak dengan Carrere Records, yang merilis single “England Belongs to Me”. Rilisan berikutnya adalah album debut band ‘Shock Troop’ yang dirilis pada tahun 1983 dan berisi lagu “Where Are They Now”, “I Got Your Number” dan “Riot Squad”. Beaufoy kemudian keluar dari band dan digantikan oleh Shug O’Neill. Album ketiga ‘Running Riot’ dieilis pada bulan Oktober 1984, setelah itu band ini menghentikan aktivitasnya sekali lagi, meskipun album “live” yang direkam sekitar waktu ini dirilis pada tahun 1987.

Pada bulan Desember 2023 diumumkan bahwa Cock Sparrer akan merilis album studio ke-8 mereka ‘Hand on heart’ pada bulan April 2024 di Cherry Red Records. Album ini diproduseri oleh James Bragg, yang juga memproduseri rekaman mereka sebelumnya, ‘Forever’.

Related posts

Ramadhan Jazz Festival: Menyatukan Nada Harmoni Cinta Negeri dalam Sebuah Konser Amal untuk Palestina

AQK

Faye Risakotta Rilis Single Berbahasa Indonesia Pertama “Berdua Saja”

AQK

We The Fest Edisi Ke-10 Umumkan Lineup Pertama Digelar Juli 2024

AQK

Leave a Comment