April 12, 2024
Uncategorized

Lima Cara Hidup Minimalis Ala Film Minimalism

Velodrome – Film Minimalism : A Documentary about the Important Things benar-benar menggambarkan bagaimana cara hidup minimalis atau sederhana dan namun tetap bahagia. Karena di masa sekarang sangat susah untuk mempraktekannya sehingga banyak sekali orang yang merasa kalau dirinya tak bahagia.

Buku “You Can Buy Happines (and It’s Cheap)” juga menerangkan hal yang sama tentamg hidup secara sederhana. Salah satu pesan yang tersurat tentang pentingnya hidup secara minimalist adalah keluarnya seseorang dalam sistem materialistik yang dinilai malah menimbulkan stres.

Seseorang justru khawatir ketika mereka tidak mampu membeli suatu barang dan dibanyangi dengan segudang bucketlist. Psikologi manusia dalam perspektif tersebut tak jauh dari efek periklanan yang menarik orang untuk hidup konsumtif.

Dari beberapa referensi yang ada, ada indikator yang perlu Anda ketahui tentang seorang yang hidup minimalis saat mereka menjalani kehidupan sehari-hari.

Rumah Sederhana dan Bongkar Pasang

[caption id="attachment_26056" align="aligncenter" width="900"]Lima Cara Hidup Minimalis Ala Film Minimalism Image : Inhabitat[/caption]   Hal paling kentara dari seorang minimalist adalah melihat rumahnya. Rata-rata rumah mereka sederhana dan bahkan ada yang tinggal di tiny house dengan memanfaatkan ruang yang ada agar efektif digunakan. Ada yang haya terdiri dari ruang keluarga, dapur dan, toilet dan tempat tidur. Sebagian orang juga memiliki rumah bongkar pasang seperti studio apartemen yang furtinurnya bisa dibongkar pasang berubah menajdi meja makan, tempat tidur dan sebagainya. (Baca juga : Film Minimalism : Dokumenter Hidup Bahagia Secara Sederhana)

Less Stuff, Memiliki Barang Paling Fungsional

[caption id="attachment_26057" align="aligncenter" width="800"]Lima Cara Hidup Minimalis Ala Film Minimalism Image : daphman.com[/caption] Masih di area rumah sebagai tempat pribadi, seorang minimalis tak banyak mempunyai furtinur yang berfungsi sebagai hiasan saja. Mereka lebih suka membeli barang yang benar-benar fungsional. Jadi jangan kaget jika Anda tidak menemukan banyak barang di rumah seorang minimalis dan lebih mendeskripsinya sebagai rumah yang kosong.

Sandang Secukupnya

[caption id="attachment_26058" align="alignnone" width="960"]Lima Cara Hidup Minimalis Ala Film Minimalism Image : The Vivienne Files[/caption] Salah satu ciri seorang minimalist juga bisa dilihat dari kepemilikan sandang atau pakaian yang terlibat sedikit dibanding orang lain. Mereka memiliki barang yang dikategorikan dalam beberapa kesempatan. Jadi, lemari pakaian mereka juga tak akan pernah sesak. Lemari hanya terdiri dari beberapa pakaian saja untuk beberapa kesempatan seperti pakaian santai, formal, semi formal, musim panas, musim dingin, dan pakaian pesta. Salah satu projek minimalist untuk sandang bisa dilihat dalam Project 333.

Perputaran Barang Baru yang Lebih Lambat

[caption id="attachment_26059" align="aligncenter" width="753"]Lima Cara Hidup Minimalis Ala Film Minimalism Image : The Minimalist[/caption] Ketika barang yang dimiliki belum usang dan rusak, mereka akan terus menggunakan barang tersebut. Mereka pun akan menggunakan barang dengan sebaik-baiknya kecuali barang tersebut sudah tidak kompatibel dengan situasi tertentu. Mereka biasanya menmiliki barang lebih lama seperti saat menggunakan gadget, mobil, TV, dan sejenisnya.

Back Up Plan

[caption id="attachment_26060" align="alignnone" width="900"]Lima Cara Hidup Minimalis Ala Film Minimalism Image : Toronto Star[/caption] Satu hal lagi tentang hidup minimalis adalah back up planning saat mereka tidak memiliki barang tertentu. Mereka berupaya untuk menyewa atau meminjam dari teman mereka. Pernahkah Anda membeli baju pesta yang berbeda pada setiap pernikahan karena Anda tidak mau memakai pakaian yang sama? Busana tersebut sebenarnya tidak akan Anda pakai dalam jangka waktu lama dan hanya digunakan pada satu kesempatan. Jadi, mereka lebih memilih untuk meminjam.   Editor : MP Jathia]]>

Related posts

Review Film The Circle : Hilangnya Privasi dalam Era Internet

Angga Foster

Mobil Terbang Seharga Lebih dari USD 1 Juta Sudah Mulai Bisa Dipesan

Angga Foster

Snapchat akan Segera Rilis Stiker, Dimulai dari Hello Kitty

Angga Foster

Leave a Comment