April 21, 2024
Image default
Editor's PicksEvent & CommunityWhat's New

‘Ramadhan Jazz Festival 2024’, Digelar 2 Hari Donasikan Penjualan Tiket Untuk Palestina

South Jakarta – Banyak kegatan yang bisa dilakukan untuk mengisi bulan Ramadhan dengan cara positif. Salah satu kegiatan dan event tahunan yang ditunggu oleh pecinta musik terutama musik jazz adalah gelran ‘Ramadhan Jazz Festival. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bersinergi dengan WartaJazz, kembali menyelenggarakan “Ramadhan Jazz Festival” yang ke-13, sebuah acara tahunan yang telah menjadi platform untuk merayakan persatuan melalui musik sambil memberikan kontribusi sosial.

Melihat Indonesia yang baru saja melewati pesta demokrasi yang penuh dengan dinamika, RICMA dan WartaJazz menemukan cara untuk bersatu kembali melalui musik melalui Ramadhan Jazz Festival. Musik menjadi jembatan yang menggabungkan berbagai kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan.

Mengusung tema “Harmoni Cinta Negeri,” Ramadhan Jazz Festival tahun ini bertujuan untuk memperkuat tali persaudaraan di tengah perbedaan, menyajikan momen penuh kedamaian di Ramadhan, dan mendukung kebaikan kolektif.

Tanggal Pelaksanaan : 29-30 Maret 2024
Lokasi : Plataran Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat
Kolaborasi : Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) dan WartaJazz,

Adapun line up untuk Ramadhan Jazz Festival adalah sebagai berikut Dwiki Dharmawan ft. Iwan Abdie & Fakhri Violin, Maliq & D’Essentials, Salma salsabil, Marcell Siahaan, Nadhif Basalamah, The Groove feat. Tiara Effendy, Bilal Indrajaya, Ecoutez, serta Alfie Alfandy, yang telah memastikan kehadirannya untuk memeriahkan festival.

Selain sebagai ajang berkumpulnya pecinta musik jazz, Ramadhan Jazz Festival kali ini memiliki misi khusus. Selain didonasikan untuk kegiatan Masjid Cut Meutia, hasil penjualan tiket juga akan didonasikan untuk mendukung saudara-saudara kita di Palestina yang saat ini menghadapi kesulitan akibat konflik. Festival ini mengajak semua pihak untuk memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai kesempatan berbuat kebaikan, tidak hanya menikmati pertunjukan musik tetapi juga berkontribusi pada kemanusiaan.

Tersedia tiga tipe tiket yaitu “Rafah” & ”Gaza” masing-masing untuk Day 1 dan Day 2 seharga  IDR 99.000,- dan paket bundle 2 hari “Deir El Balah” seharga IDR 195.000,-

Konferensi pers Ramadhan Jazz Festival 2024 ( foto : QB )
Konferensi pers Ramadhan Jazz Festival 2024 ( foto : QB )

 

Dalam acara konferensi pers ‘Ramadhan Jazz Festival 2024’ yang berlangsung pada hari Kamis (28/3) di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Agus Setiawan Basuni dari WartaJazz menyampaikan, “Alhamdulilah ALLAH SWT masihm engkaruniakan usia untuk bisa kembali bertemu dengan bulan penuh hikmah dan menghadirkan Ramadhan Jazz Festival. Menjaga konsistensi syiar dikalangan muda dengan gerakan berbagi yang dicanangkan sejak 14 tahun lalu”.

Mengenai kurasi untuk penampil di Ramadhan Jazz Festival tahun ini, Agus menambahkan, “Yang pertama mau main di area Masjid,, Ada di pikiran di Masjidnya itu dalam Masjid sementara yang kita bikin di pelatarannya. Kita tetap menjaga wilayah itu tetap steril. Yang kedua, kami memang memberikan satu penekanan kepada para performer dari tahun ke tahun. Kami juga melihat masukan lewat Instagram dan TikTok maupun juga yang langsung. ‘Tolong si A dong, si B, si C dan seterusnya. Kami memberikan penekanan ada nama yang kami pertahankan. Kita berusaha mengakomodir masukan dari berbgai pihak sehingga bisa terjamin kelansungannya. Tahun ini ada sedikit perbedaan dengan 12 edisi sebelumnya. Sebelumnya antara tujuh sampai sepuluh performer. Kebijakannya kami rubah, kami kurang performernya agar bisa lebih maksimal. Lagu-lagu kami tekankan lebh bertema spiritual. Kami juga memberikan pengertian tampilnya di Masjid dan acaranya untuk donasi atau charity.”

Sementara itu, Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menyampaikan, “Kolaborasi yang baik ini merupakan bagian dari komitmen AQUA untuk selalu hadir dalam berbagai kesempatan bersama masyarakat Indonesia, termasuk menghadirkan air minum yang 100% Murni di bulan yang suci pada Ramadhan Jazz Festival ke-13. Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari pengurus Masjid Cut Meutia dan juga Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) yang telah menyelenggarakan Ramadan Jazz Festival setiap tahunnya. Apalagi di tahun ini seluruh hasil penjualan tiket akan disalurkan untuk saudara-saudara kita di Palestina. Hal ini sesuai dengan apa yang AQUA upayakan dengan berbagai mitra lainnya untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Kami berbahagia dapat menjadi bagian dari tujuan mulia tersebut, dan semoga hal ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.”

Ramadhan Jazz Festival 2024 didukung penuh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, AQUA dan Yayasan Masjid Cut Meutia.

Related posts

Superfans Dalam Industri Musik 2024: Menggali Potensi Besar Komunitas Di Era Algoritma

Angga Foster

Pamungkas NM, Pencipta lagu – lagu hits tahun 90 an akan segera luncurkan album digital ”Karya Emas Pamungkas NM” bareng Stoodio Indonesia

admin

Dilema Musik AI: Antara Inspirasi Artistik Dan Batasan Hukum

Wawan Aec

Leave a Comment