April 20, 2024
Uncategorized

Kamu Bisa Dituntut Kalau Pakai Sembilan Warna Terlarang Ini

Velodrome – Kamu tahu gak ada sembilan warna yang gak boleh dipakai? Anggap saja ini warna terlarang, karena warna-warna ini sudah dimiliki secara eksklusif oleh perusahaan tertentu untuk logo mereka. Bahkan kamu bisa dituntut kalau pakai sembilan warna ini. Enggak percaya? Jangan dicoba nanti kamu bisa dituntut beneran. Kalau enggak percaya kamu simak baik-baik ya. Berikut ini daftar warna “terlarang” yang tidak boleh sembarangan kamu pakai, karena semua warna ini sudah dipatenkan dan kamu tidak bisa menggunakannya tanpa izin dari yang punya.

Tiffany & Co

Kamu Bisa Dituntut Kalau Pakai Sembilan Warna Terlarang Ini Charles Lewis Tiffany memilih warna telur robin untuk sampul katalog pertama perusahaan itu, yang disebut juga dengan”Buku Biru”. Menurut perusahaan, ia mungkin memilih warna karena pirus adalah batu permata yang populer saat itu. Warna biru yang mereka pakai di logo mereka sudah menjadi trade mark sejak tahun 1998. Nomer pantone untuk warna ini pun khusus di custom menjadi pantone 1837, dimana tahun tersebut adalah tahun kelahiran dari perusahaan ini.

Qualitex Green Gold – Emas Hijau

[caption id="attachment_27079" align="aligncenter" width="300"]Kamu Dapat Dituntut Kalau Menggunakan 9 Warna Ini Qualitex Green Gold mentalfloss.com[/caption] Qualitex menggunakan warna emas hijau yang unik untuk pengeringan dry cleaning mereka sejak tahun 1950-an, dan pada tahun 1989 pesaing mereka, Jacobson Products mulai menggunakan warna yang sangat mirip. Qualitex menggugat, dengan alasan pelanggaran merek dagang dan persaingan tidak sehat. Pertarungan tersebut berlanjut sampai ke Mahkamah Agung, namun pada tahun 1995 Qualitex menang setelah pengadilan memutuskan bahwa warna bisa menjadi merek dagang.

Owens Corning Pink

Owens-Corning, yang memproduksi bahan dan instalasi atap, adalah perusahaan pertama yang merek dagang dengan warna pink-pada tahun 1980an. Kericuhan terjadi dengan produk Owens-Corning yang secara resmi melisensikan Pink Panther untuk digunakan pada kemasan. Mereka mempertahankan colormark mereka di tahun 2011, ketika sebuah perusahaan isolasi berbasis di Inggris keluar dengan bahan isolasi berwarna merah muda mereka sendiri.

T-Mobile Magenta

[caption id="attachment_27084" align="aligncenter" width="300"]Kamu Dapat Dituntut Kalau Menggunakan 9 Warna Ini T-Mobile magenta mentalfloss.com[/caption] T-Mobile adalah pemain bertahan yang sangat antusias dengan colormark pink magenta mereka. T-Mobile telah menuntut atau mengancam akan menuntut warna cerah ini setidaknya tiga kali. Pada tahun 2008, mereka mengancam proses pengadilan terhadap Engadget Mobile karena menggunakan magenta, walaupun mungkin ada sedikit bahaya dari siapa pun yang membingungkan situs web dan perusahaan telepon seluler lewat warna logo yang sama.

Barbie Pink

[caption id="attachment_27085" align="aligncenter" width="300"]Kamu Dapat Dituntut Kalau Menggunakan 9 Warna Ini Barbie Pink mentalfloss.com[/caption] Warna lain yang dilindungi adalah Barbie Pink. Warna “terlarang” yang satu ini sudah menjadi merek dagang yang digunakan di lebih dari 100 kategori, mulai dari bak mandi hingga sereal. Mattel, perusahaan induk Barbie, menuntut MCA Records pada tahun 1997 saat lagu “Barbie Girl” oleh Aqua keluar. Mattel tidak senang dengan penggunaan produk mereka dalam lagu tersebut, tentu saja, tapi mereka juga menuduh bahwa sampul albumnya mirip dengan kemasan Barbie, termasuk penggunaan Barbie Pink. Hakim melemparkan kasus tersebut ke luar pengadilan dengan keputusan yang mudah diingat, “Para pihak disarankan untuk bersantai”.

Cadbury Purple

[caption id="attachment_27086" align="aligncenter" width="300"]Kamu Dapat Dituntut Kalau Menggunakan 9 Warna Ini Cadbury Purple mentalfloss.com[/caption] Meskipun Royal Purple telah dikaitkan dengan Cadbury sejak mereka membungkus permen mereka di tempat teduh untuk menghormati Ratu Victoria di tahun 1800-an, perusahaan tersebut kehilangan tanah dalam pertempuran untuk menggunakan Pantone 2685C secara eksklusif. Selama lebih dari satu dekade, perusahaan tersebut terlibat dalam perselisihan hukum dengan Nestle U.K, yang berusaha menggunakan warna yang serupa. Meskipun Cadbury memenangkan kasus asli di Pengadilan Tinggi, keputusan tersebut kemudian dibatalkan – Dan Perang Dingin masih berlangsung.

Wiffle Ball Bat Yellow

[caption id="attachment_27087" align="aligncenter" width="300"]Kamu Dapat Dituntut Kalau Menggunakan 9 Warna Ini Wiffle Ball Bat Yellow mentalfloss.com[/caption] Kelelawar Bola Wiffle awalnya terbuat dari kayu. Namun, inkarnasi plastik kuning yang datang tujuh tahun kemudian menjadi sangat besar sehingga “Wiffle Ball Bat Yellow” dipasang pada tahun 2008.

UPS Brown

[caption id="attachment_27088" align="aligncenter" width="300"]Kamu Dapat Dituntut Kalau Menggunakan 9 Warna Ini UPS brown mentalfloss.com[/caption]

Warna tanda tangan UPS pada awalnya disebut “Pullman Brown”, dan dilaporkan dipilih karena warna yang kaya, dan  dianggap sebagai “lambang kemewahan”. Warna yang sama saat truk UPS pertama kali dicat dengan warna coklat pada tahun 1916. Warnanya dipatenkan pada tahun 1998.

3M Canary Yellow

[caption id="attachment_27089" align="aligncenter" width="300"]Kamu Dapat Dituntut Kalau Menggunakan 9 Warna Ini 3M Canary Yellow mentalfloss.com[/caption] 3M mematenkan warna asli Post-It , Canary Kuning, untuk digunakan dalam produk kantor dan alat tulis. Rona cerah dipilih karena satu-satunya warna kertas bekas, saat perusahaan mulai bereksperimen dengan catatan tempel/ sticky notes. Sudah percaya kan sekarang? Jadi hati-hati dalam menggunakan warna pada desain kalian ya, jangan sampai kalian menggunakan warna-warna di atas tanpa izin, terutama ketika kamu gunakan sebagai logo. Wah bisa bahaya deh tuh.   Editor : MP Jathia]]>

Related posts

Krisna J Sadrach Tutup Usia, Dunia Rock Indonesia Berduka

Angga Foster

Iron Maiden Rilis Ulang Album Dalam Bentuk Vinyl

Angga Foster

Jack Sparrow Hadapi Musuh Terbesarnya di Dead Men Tell No Tales

Angga Foster

Leave a Comment