April 25, 2024
Image default
Event & CommunityMusicology

Alcor Prime Adakan Training Day Tingkatkan Standar Kompetensi Industri Event Indonesia

Depok – Membuat suatu pertunjukan atau konser yang baik dan terorganisir bukanlah hal yang mudah. Diperlukan keahlian dan kemampuan serta juga pengalaman yang mumpumi untuk bisa menghadirkan pertunjukan dan konser yang bisa berjalan baik dan tentunya menghibur penonton yang menyaksikan. Selain itu dibutuhkan juga organisasi antar lini yang baik di dalamnya. Untuk itulah, Alcor Prime, sebuah perusahaan yang bergerak di industri event bisnis end-to-end solution menggeler Training Day bertajuk ‘Alcor Skill Summit’ selama 3 hari mulai 5 sampai 7 Februari 2024 di The Kasablanca, Kota Kasablanca, Jakarta Selatan.

Dalam acara yang digagas oleh PT Sarana Generasi Bintang (SGB) Lightworks dan Soundworks yang merupakan bagian dari ekosistem Alcor Prime, para peserta yang mendapat pelatihan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman bagaimana membuat  suatu pertunjukan mulai hal teknis seperti tata suara dan tata cahaya yang baik, mixing sound system, check sound sampai tentang hal-hal tentang organisasi event. Dalam keterangannya, Pongky Prasetyo selaku Direktur Lightworks dan Soundworks mengungkapkan,

“Dengan training Alcor Skill Summit, kita mengharapkan peningkatan kemampuan teknis dan skill individual dan organisasional dan kerjasama di lapangan antar elemen dan bisnic Alcor. Kita tidak tidak berharap pada keberuntungan di setiap event supaya event kita berjalan dengan baik tetapi kita berlatih agar di setiap event yang kita pegang bisa berjalan dengan baik. Idenya datang dari pelatihan TNI yang berlatih dan berkoordinasi antar departemen. Begitu juga dengan event. Kita sudah punya in house sendiri semua. Jadi kebetulan ada jadwal kosong saya ide bikin pelatihan. Rencananya cuma internal selama 3 hari untuk tim kita sendiri.”

 

Lebih lanjut Pongky menuturkan alasan pelatihan ini sangat dibutuhkan, “Teman-teman yang saya pimpin, kru-kru ini, mereka bukanlah lulusan dari sekolah audio. Bahkan dari tim kita, mereka hanya satu dua orang yang lulusan sekolah audio yang notabene mempunyai sertifikasi sekolah audio. Cara meningkatkan kinerja kita bukan hanya membeli alat yang terbaru tetapi ‘man behind the gun’ yang harus kita lihat. Alasannya kenapa setiap event kru kita dilihat sebelah mata sama kru internasional. Pertama keterbatasan bahasa dan keterbasan skill. Saya mau melawan paradigma itu.”

Pongky Prasetyo

“Kita juga punya program pendidikan. Ke depan, mungkin kita bisa memperkenalkan ke daerah-daerah karena kita lihat ekosistem showbis sudah berkembang. Mungkin teman-teman daerah kita undang ke sini. Kebetulan kita punya ekosistemnya. Kita rencana mau dibikin tahunan. Untuk internal kita. kita bukan hanya ingin jadi yang  baik tetap jadi yang terbaik. Terbaik dalam memberikan pelayanan.” tutup Pongky.

Alcor Prime juga berkomitmen melakukan perbaikan berkelanjutan dalam mengejar keunggulan di industri penyelenggaraan acara. Tak hanya fokus pada aspek teknis seperti lighting dan sound, namun juga pada proses perencanaan acara dan talent management. Inside Indo sebagai brand yang mengelola talenta-talenta berbakat telah menghadirkan beberapa musisi muda seperti Joanito Gea, Fredo Aquinaldo, Wilde Wesley dan PARAPUSPAM. Alcor Skill Summit menjadi wadah untuk para musisi menampilkan karya terbaik mereka di acara tahunan ini.

Related posts

Ramadhan Jazz Festival: Menyatukan Nada Harmoni Cinta Negeri dalam Sebuah Konser Amal untuk Palestina

AQK

Ada Masalah Panggung, Konser Bring Me The Horizon Terpaksa Dihentikan

admin

Incubus Kembali Gelar Konser di Jakarta April 2024

AQK

Leave a Comment