April 21, 2024
Image default
Editor's PicksHot NewsMusikosistem

Believe menghasilkan $213 juta pada Q1, naik 22,2% dari periode sama sebelumnya

Bekasi – Distribusi musik asal Paris, Believe, baru aja nge-publish hasil keuangan mereka untuk Q1 2023 (bulan Januari – Maret). Seluruh bisnis Believe, yang melantai di Paris Euronext tahun 2021, menghasilkan €198,6 juta di Q1 2023, naik 22,2% YoY (Year On Year). Jumlah pendapatan tersebut setara dengan USD $213,09 juta.

Believe membagi operasi global mereka menjadi dua divisi:

(i) distributor DIY TuneCore (disebut “Solusi Otomatis” dalam hasilnya), dan

(ii) performa dari operasi label premium dan jasa artis inti mereka (disebut “Solusi Premium”)

Menurut hasil keuangan terbaru perusahaan, di Q1, divisi Solusi Otomatis-nya tumbuh 11,2% YoY menjadi €12,7 juta ($13,62m). Pendapatan “Solusi Premium” mereka tumbuh 23,0% YoY menjadi €186 juta ($199,57m) di Q1 2023.

Melihat lebih dalam ke hasil Believe, perusahaan ini melihat pertumbuhan di seluruh wilayah geografis, dengan pertumbuhan yang “terutama kuat” di Asia Pasifik dan Afrika. Pendapatan dari Asia Pasifik dan Afrika tumbuh 40% YoY menjadi €56,1 juta ($60,19m), yang merupakan 28,2% dari pendapatan Grup (dibandingkan dengan 24,7% di Q1 22).

Believe mengatakan bahwa “dinamika pasar sangat kuat pada kuartal pertama di semua pasar Asia” dan bahwa “daftar artis mereka di wilayah ini tumbuh signifikan selama beberapa tahun terakhir berkat investasi berkelanjutan dalam tim lokal dan pengembangan penawaran layanan penuh di sebagian besar pasar”.

Believe juga mencatat “pertumbuhan yang kuat di India, Greater China, dan Asia Tenggara”.

Di wilayah “Amerika”, pendapatan Believe tumbuh 25,2% YoY menjadi €29,4 juta ($31,54m), yang mewakili 14,8% dari pendapatan perusahaan.

Menjelaskan lebih rinci tentang kegiatan mereka di Amerika, Believe mengatakan bahwa mereka “mendapat keuntungan dari tingkat aktivitas yang kuat di Amerika Latin, terutama di Brasil di mana Grup sukses terutama selama kuartal tersebut”.

Di Eropa (tidak termasuk Prancis dan Jerman), pendapatan Believe tumbuh 21,1% YoY menjadi €54,4 juta ($58,37m), yang mewakili 27,4% dari pendapatan Grup mereka di Q1 2023.

Believe mencatat bahwa pasar yang paling cepat tumbuh di Eropa ada di Eropa Selatan dan Eropa Timur, sedangkan Turki “kembali ke pertumbuhan yang kuat selama kuartal tersebut, dengan pertumbuhan pendapatan yang signifikan didukung oleh kesuksesan film yang diproduksi oleh DMC”.

Di Prancis, pendapatan Believe meningkat 13,2% YoY pada Q1 2023 menjadi €32,1 juta ($34,44 juta) dan mewakili 16,2% dari total pendapatan perusahaan. Di Jerman, Believe menghasilkan pendapatan sebesar €26,6 juta ($28,54 juta), naik 3,7% YoY pada Q1 2023, yang mewakili 13,4% dari pendapatan perusahaan.

Salah satu sorotan yang diacu oleh Believe untuk kuartal ini adalah akuisisi platform penerbitan musik asal Inggris Sentric, yang menandai “langkah pertama dalam membangun tawaran penerbitan global dan komprehensif”.

Believe membeli Sentric dari Utopia Music bulan lalu, dan pada saat itu mengatakan bahwa transaksi tersebut menilai Sentric sebesar €47 juta ($51 juta).

Dalam laporan hasil Q1-nya, Believe mengatakan bahwa platform eksklusif dan inovatif Sentric adalah salah satu solusi paling canggih di pasar, mampu mengelola penerbitan untuk artis self-releasing secara menguntungkan dan besar-besaran, sambil juga menawarkan kesepakatan penerbitan global kepada pemegang hak pada setiap tahap pengembangan mereka.

Believe menambahkan bahwa mereka akan “segera memperluas penyebaran komersial Sentric dalam Solusi Terotomatisasi dan saat ini sedang bekerja pada tawaran nilai untuk Solusi Premium”.

Believe juga menyoroti kemitraan global yang diumumkan minggu ini antara TuneCore dan Beatport, platform musik untuk DJ dan produsen, yang memungkinkan artis TuneCore mendistribusikan lagu mereka ke platform.

MULAI YANG HEBAT UNTUK TAHUN INI, DITANDAI DENGAN MILESTONE OPERASIONAL YANG KUAT DAN KINERJA ORGANIK YANG KOKOH, MENUNJUKKAN BAHWA KAMI BERADA DI JALUR YANG BENAR UNTUK MENGANTARKAN TAHUN LAIN PERTUMBUHAN YANG MENGUNTUNGKAN.

DENIS LADEGAILLERIE, BELIEVE

Menanggapi hasil tersebut, Denis Ladegaillerie, Pendiri dan CEO, mengatakan: “Mulai yang hebat untuk tahun ini, ditandai dengan milestone operasional yang kuat dan kinerja organik yang kokoh, menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang benar untuk mengantarkan tahun lain pertumbuhan yang menguntungkan.

“Kuartal demi kuartal, kami memperkuat kepemimpinan kami dalam musik digital, memperkuat daya tarik kami terhadap artis dan label dengan penambahan solusi dan alat bernilai tambah, meningkatkan jangkauan global kami melalui strategi investasi yang berhasil, dan melatih tim kami, artis, dan label untuk berkembang di ekosistem digital.

“Kuartal ini tidak terkecuali, dan ini menandai langkah lain menuju ambisi kami untuk menjadi perusahaan terbaik dalam mengembangkan artis digital pada setiap tahap karir mereka.”

Nah, untuk konversi EUR-USD di laporan ini untuk Q1 2023 sudah dihitung memakai rata-rata kurs yang sedang berlaku di kuartal itu, yang sudah diidentifikasi oleh European Central Bank. (AF)

Related posts

Nagita Slavina Remake Lagu Religi “PadaMu Ku bersujud”.

AQK

Panitia Minta Maaf, Konser K-Pop di Solo Ditunda Seminggu Dengan Line Up Baru

Qenny Alyano

SWAG! Edisi 53 bareng Sharen Fernandez, Nov Project dan Kembara

Angga Foster

Leave a Comment