April 25, 2024
Image default
MusicologyMusikosistemWhat's New

Demajors Rayakan 24 Tahun Konsisten Hadirkan Rilisan Fisik di Indonesia

South Jakarta – Label musik demajor merayakan hari jadi ke-24 tepat pada 30 Maret 2024. Dalam perjalanan tersebut, demajor telah manaungi lebih dari 750 katalog album dari berbagai musisi dan grup musik dari berbagai genre baik yang dirilis secara digital maupun dalam bentuk fisik baik CD ( Compact Disc) dan piringan hitam (Vinyl).

Semua berawal pada tahun 2000, demajors Independent Music Industry (dIMI) terbentuk di Jakarta dengan gagasan yang muncul dari persahabatan di komunitas independen dan kecintaan terhadap musik sendiri. demajors kemudian menjadi sedikit label yang konsisten memproduksi rlisan fisik terutama dalam bentuk cakram padat digital dan piringan hitam. Saat ini demajor juga telah melayani distribusi edar yang tersebar di 21 outlet di seluruh Indonesia hingga Malaysia. Meskipun demikian, demajors tetap menjaga kualitas rilisan mereka dengan cara proses kurasi yang tepat.

Dalam acara ‘Media Gathering dan Buka Puasa Bersama 24 Tahun demajors’ yang berlangsung pada hari Rabu (27/3) di markas demajors, di bilangan Pondok Labu, Jakarta, David Karto selaku founders demajors Records mengungkapkan, “Di usia dua puluh empat tahun ini, demajors masih terus belajar untuk menjaga keberlangsungan ekosistem musik Indonesia ke depannya.”

Pada kesempatan tersebut, Aldilla Karina dari tim demajors juga menyampaikan, “Kita tidak menyangka bisa sampai sejauh ini padahal awalnya ini idenya dari hanya senang=senang saja. Kiprah demajors dalam geliat pertunjukan musik juga sukses di Synchronize Fest yang pertama kali di tahun 2016 dan telah menghadirkan puluhan ribut penonton setiap harinya. Tahun ini Synchronize Fest rencananya akan berlangsung pada 4,5 dan 6 Oktober 2024.”

Sebagai bagian dari komunitas musik independen, demajors juga telah melebarkan sayapnya dengan menghasilkan label rekaman turunan atau sub-label bernama Bahasa Ibu Records (BIR) pada 21 April 2023 lalu. BIR berdedikasi untuk melestarikan kekayaan musik tradisional Indonesia. Salah satu rilisan dari BIR adalah band rock asal Madura, Lorjhu, di album keduanya, ‘Parenduan’. Pencapaian rilisan musik demajors juga terlihat di ajang penghargaan bergengsi tahunan AMI Awards 2023. Album ‘Do The Math’ milik musisi jazz ternama tanah air, Indra Lesmana, suskes meraih penghargaan di kategori Artis Jazz Terbaik. Selain itu, band punk rock asal Bogor, The Jansen, juga sukses memenangkan kategori Album Rock Terbaik untuk album ‘Banal Semakin Banal’.

Selamat ulang tahun demajors.

Related posts

SUM 41 Sukses Gelar Konser Perpisahan di Uptown Park Summarecon

AQK

Reality Club Luncurkan Jersey Ulang Tahun Sebagai Merchandise Resmi

AQK

MALIQ & D’Essentials Luncurkan MV “Kita Bikin Romantis”, Ada Cerita di Baliknya

AQK

Leave a Comment