April 12, 2024
Image default
Editor's PicksHot ReleasesWhat's New

Hara, proyek Solo Rara Sekar Lepas Single Soundtrack “Dua Hati Biru”

South Jakarta – Setelah sebelumnya merilis Luruh bersama Isyana Sarasvati sebagai original soundtrack untuk film Milly & Mamet (2018) dan Niskala untuk Sandiwara Sastra – Misteri Nusantara (2023), kini hara, proyek solo Rara Sekar, kembali hadir dengan original soundtrack baru untuk film kelanjutan dari Dua Garis Biru, “Dua Hati Biru”, berjudul Tak Ada Keluarga yang Sempurna.

Tak Ada Keluarga yang Sempurna ada sebuah lagu pop-ballad minimalis yang terinspirasi dari genre musik klasik-romantik, neo-klasik, dan pop yang didominasi komposisi piano a la Masakatsu Takagi yang merupakan salah satu inspirasi musik terbesar hara sebagai musisi. Lagu ini hanya terdiri dari vokal utama, piano dan synth yang ditulis, diproduksi dan dimainkan semuanya oleh Rara Sekar sendiri. Seluruh proses rekaman dilakukan di Wellington, New Zealand, kota di mana Rara Sekar kini tinggal.

Rara Sekar ( foto : istimewa )

Proses pengerjaan lagunya sendiri cukup lama. “Aku diperbolehkan membaca salah satu iterasi naskah Dua Hati Biru oleh Mbak Gina sekitar bulan Oktober 2023. Lalu kami sempat rapat online bersama tim produksi untuk membahas tema besar dan arah estetika lagunya. Salah satu kata-kata kunci dari Mbak Gina yang aku catat adalah “keinginan untuk tetap hadir” dalam konteks naik turunnya sebuah keluarga”, jelas Rara Sekar. Beberapa bulan berlangsung dan Rara Sekar mengalami kebuntuan untuk menulis lagu tersebut. Salah satu tantangannya adalah menemukan muara antara narasi yang diangkat di dalam naskah film dengan pengalaman pribadi Rara Sekar sendiri dalam sebuah keluarga.

Artwork “Tak Ada Keluarga yang Sempurna ” – hara ( foto : istimewa )

 

“Setelah membaca ulang naskahnya sampai lima kali, aku menemukan ada beberapa adegan dan dialog yang dekat denganku. Dari beberapa adegan tersebut akhirnya muncul benih-benih rasa yang ingin aku selami di lagu ini. Persoalan keluarga adalah persoalan yang universal. Tapi di lagu ini, aku ingin menulis sebuah lagu yang mengambil inspirasi dari cerita Bima dan Dara di Dua Hati Biru, tapi juga dekat dengan cerita yang lebih besar, cerita keluarga Indonesia yang berangkat dari pengalamanku juga orang-orang terdekatku.”

Di departemen lirik, Rara Sekar mengaku mencoba pendekatan baru di lagu ini. Proyek solonya, hara, dikenal dengan lirik-liriknya yang sederhana, tidak terlalu panjang dan cenderung seperti mantra. Untuk Tak Ada Keluarga yang Sempurna, Rara Sekar mencoba menulis lebih deskriptif dan spesifik di beberapa bagian, meski tetap memilih diksi yang dekat dengan keseharian. Selain itu, melodi chorus di lagu ini juga adalah versi cermin dari lagu Growing Up, yang menjadi original soundtrack untuk film sebelumnya, Dua Garis Biru. “Mungkin ibaratnya, Tak Ada Keluarga yang Sempurna seperti kakak dari lagu Growing Up. Atau bisa juga versi dewasa dari Growing Up. Apapun pemaknaan atas lagu ini, aku berharap lagu juga filmnya bisa punya ruang di hati para pendengar/penontonnya untuk waktu yang lama.”

“Tak Ada Keluarga yang Sempurna” akan dirilis oleh Akar Wangi Records dengan distribusi digital oleh REDROSE Records pada 14 Maret 2024. Film Dua Hati Biru akan tayang di bioskop mulai 17 April 2024.

(SPR)

Related posts

Menuju Debut Album Cutiotak Lepas ‘Lagu Ini Terlalu Manis, Tapi Kamu Juga, Jadi Harus Bagaimana?’

AQK

J-Rocks Rilis Single Baru “Tanpa Air Mata”

AQK

Lagu Baru NewJeans “Gods” Kolaborasi Bersama Riot Games untuk Worlds 2023

Taqi Cahyadi

Leave a Comment