April 12, 2024
Image default
Editor's PicksEvent & CommunityHot NewsWhat's New

Musisi India Peraih Grammy A.R Rahman Siap Panaskan Prambanan Jazz Festival 2024

South Jakarta – Kabar gembira untuk pencinta musik India terutama karya-karya dari musisi peraih Grammy Award, A.R Rahman. Rajawali Indonesia selaku promotor ‘Prambanan Jazz Festival’ baru mengumumkan nama AR Rahman menjadi line up utama atau special show di hari kedua, 6 Juli 2024. Prambanan Jazz Festival 2024 akan berlangsung selama 3 hari mulai 5.6 dan 7 Juli 2024 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Dalam acara konferensi pers yang berlangsung pada hari Selasa (5/3) di Leisola by Aljazeerah, Cikini, Jakarta, Anas Alimi selaku Founder Prambanan Jazz Festival dan Rajawali Indonesia mengungkapkan,

‘Tatkala majalah prestisius Time di pekan pertama Mei 2004 atau dua dekade silam menyebutnya Mozart dari Madras, saya sangatlah masygul.  Bukan apa, India yang datang ke kehidupan saya saat remaja adalah serupa Bronx yang penuh dengan berita kekerasan, bencana alam, tata kelola hidup yang kacau, dan kemiskinan. Bandingkan dengan paragraf pertama Time yang menggambarkan seperti apa AR Rahman. Seperti Gershwin maupun Lennon dan McCartney, AR Rahman adalah perwujudan dari harmoni, kualitas, energi, kerendahan hati; sebuah suara pribadi sekaligus universal, melahap begitu banyak bentuk lama dan mengubahnya menjadi sesuatu yang sangat baru.”

“Rahman memang India yang saya tidak kenal. Di partitur musik Rahman tertera India yang sangat berbeda. India yang sampai di negeri saya adalah India utara yang berbeda sama sekali dengan dunia Rahman,” tambah Anas.

Konfer
Konferensi pers Prambanan Jazz Festival Live Special A.R Rahman ( foto : istimewa )

 

Konferensi pers Prambanan Jazz Festival Live Special A.R Rahman ( foto : iQB )

 

Nama A.R Rahman yang mendapat julukan ‘ Mozart dari Madras’ oleh majalah Times pada tahun 2004 silam. Konsernya beberapa waktu lalu di Malaysia, menjadi konser terlaris ketiga di Malaysia setelah Coldplay dan Siti Nurhaliza dengan dihadiri 63 ribu penonton. Indonesia yang mempunyai sekitar 3,5 juta warga India diyakini Anas akan bisa mendapai target sekitar 5000 penonton.

“Kita optimis bisa mencapai target. Di sini kita menggabungkan 2 unsur budaya. Ini akan menjadi peristiwa yang sangat penting. Nama A.R Rahman kita kenal karena lagu “Chaiyya Chaiyya ” dan mendapat Grammy dan Oscar untuk lagu Jai Ho adalah soundtrack utama film box office Slumdog Millionaire yang berjaya di Amerika dan Inggris; sebuah film yang diangkat dari karya novelis Vikas Swarup. Jai Ho adalah karya yang jelas menunjukkan kepiawaian dan kejeniusan Rahman yang tidak datang tiba-tiba. Kejeniusan itu sudah menghampirinya sejak kecil yang membuatnya berkesempatan belajar musik di Oxford.” tambah Anas.

Direktur Utama PT TWC & Co Promotor Prambanan Jazz, Febrina Intan menyampaikan, “Hadirnya AR Rahman, dengan karakteristik musik yang khas tentunya akan menambah kekayaan ragam budaya di Candi Prambanan.” Candi Prambanan dikenal tidak hanya sebagai destinasi warisan budaya dunia, namun juga sebagai perwujudan berbaurnya kebudayaan di Indonesia, khususnya Yogyakarta dan sekitarnya.
Perpaduan nilai budaya Hindu dan Jawa, dengan mengusung unsur-unsur konservasi dan edukasi dalam pengembangan destinasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.”

Traveloka mendapatkan kehormatan ditunjuk sebagai official ticketing partner untuk gelaran Prambanan Jazz Festival. Direktur Utama Rajawali Indonesia menyampaikan, “Konsumen dapat memesan tiket melalui aplikasi atau situs web Traveloka, dimana untuk menyaksikan AR Rahman di panggung special show terdapat 3 kategori kelas meliputi Gold, Diamond dan VIP dengan harga mulai dari Rp 900.000,- di luar tiket masuk Candi Prambanan, pajak dan biaya admin, namun sudah termasuk akses panggung super festival pada hari tersebut.” Konsumen dapat melakukan pembelian tiket dengan mudah melalui pilihan produk kategori ‘Event’ pada platform Traveloka.”

Melengkapi pengalaman menikmati Prambanan Jazz Festival yang tak terlupakan dapatkan tiket pertunjukan Prambanan Jazz Festival di Traveloka dan nikmati pertunjukan musik jazz unik dan megah di situs wisata warisan dunia. Seluruh informasi terkait penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2024 dapat di akses di www.prambananjazz.com dan sosial media @prambananjazz (Instagram, X, Facebook), @prambananjazzfestival (Tiktok, Youtube) dan hotline 082226664343.

 

 

Related posts

Duo Wasia Project Rilis Single “Is This What Love Is?”

AQK

Lagu Baru NewJeans “Gods” Kolaborasi Bersama Riot Games untuk Worlds 2023

Taqi Cahyadi

Demajors Rayakan 24 Tahun Konsisten Hadirkan Rilisan Fisik di Indonesia

AQK

Leave a Comment