April 24, 2024
Image default
Asian Hit ListHot ReleasesWhat's New

APL.DE.AP ‘Black Eyed Peas dan SANDARA PARK ‘2NE1’ Kolaborasi di Single “2 Proud”

South Jakarta – Kolaborasi bertabur bintang antara legenda Black Eyed Peas, APL.DE.AP and ikon K-Pop 2NE1 SANDARA PARK resmi dirilis di semua platform streaming digital 8 Maret lalu dengan single ‘2 Proud’.

Diproduseri oleh music director lama BEP, Keith Harris, ‘2 Proud’ adalah sebuah earworm instan, lagu pop menular berpadu dengan hip-hop lembut yang sangat cocok untuk playlist global. Berbicara tentang karya barunya dan bekerja dengan SANDARA PARK, APL.DE.AP mengatakan: “Sudah lama sekali SANDARA dan saya ingin berkolaborasi. Kami berdua tumbuh besar di Filipina, sehingga bertemu dengannya terasa ajaib. SANDARA sangat mengagumkan di trek ini. Kami mencciptakannya selama pandemi, tetapi dia adalah bintang dalam segala hal. Lagu ini sedikit berbeda dari apa yang Anda harapkan dari seorang anggota Black Eyed Peas, tapi saya mendengarkan banyak jenis musik yang berbeda. Saya harap Anda juga menikmatinya.”

Artwork single "2 Proud’
Artwork single “2 Proud’

SANDARA PARK berkomentar: “APL.DE.AP dan saya sudah mengenal satu sama lain sangat lama; kami berdua punya ingatan spesial tentang Filipina yang membuat kami dekat. Sebagai penggemar berat karya musiknya, mengerjakan proyek ini terasa penuh kegembiraan dan kebahagiaan. Meski harus melakukan segala sesuatu dari jarak jauh karena pandemi, kami akhirnya berhasil, dan lagunya luar biasa. Saya harap Anda menikmati kolaborasi pertama kami, dan suatu hari nanti, saya harap bisa membawakannya live di depan para penggemar.”

Video klip resmi lagu ini disutradarai oleh Ben Mor, yang juga bekerja di belakang kamera untuk karya-karya Beyoncé, Coldplay, dan Black Eyed Peas. Video bernuansa tahun 50-an tersebut menampilkan APL.DE.AP yang sedang bersantai di tepi kolam renang, berendam di bawah sinar matahari California yang lembut, sementara SANDARA PARK disalurkan melalui perangkat TV yang menunjukkan era tersebut. Nuansa yang santai dan palet halus dari video ini dengan sempurna melengkapi produksi lagu yang mendayu-dayu dan ringan, menonjolkan vokal APL.DE.AP dan SANDARA sebagai elemen utama.

Keduanya pertama kali bertemu pada tahun 2011 ketika 2NE1 berkolaborasi dengan anggota band APL.DE.AP, Will.i.am, untuk karya musik baru yang orisinal, dan mereka terus membina relasi sejak saat itu. SANDARA PARK dari Korea Selatan tumbuh di Filipina dan fasih berbahasa Tagalog; sementara APL.DE.AP yang berdarah Amerika-Filipina adalah salah satu ekspor musik terbesar dan tersukses di Asia Tenggara. Sebagai salah satu dari tiga anggota supergrup pop legendaris Black Eyed Peas dengan karir selama 36 tahun, APL.DE.AP telah mendominasi tangga lagu global, meraih berbagai penghargaan GRAMMY, AMA, MTV, BET, Billboard, NRJ dan Soul Train, dan tampil di hadapan miliaran penggemar di seluruh dunia. Sementara itu, setelah dikenal sebagai bintang musik dengan penjualan platinum dan aktris ternama di Filipina, pada tahun 2009 SANDARA PARK – bersama Bom, CL dan Minzy – meraih pengakuan dunia sebagai sensasi girl band asli K-Pop 2NE1, yang masih menjadi salah satu dari girl band terlaris di dunia.

Dengan lebih banyak karya musik solo baru dari APL.DE.AP yang dikabarkan akan segera hadir, dan jadwal rutin tur global besarnya sebagai bagian dari Black Eyed Peas, tahun 2024 tampaknya akan menjadi salah satu tahun terbesar bagi superstar musik internasional ini.

TENTANG APL.DE.AP:

Anggota pendiri supergrup ikonik Black Eyed Peas, Apl.de.Ap telah mengukir warisannya di panggung global, memegang sembilan penghargaan GRAMMY Awards, delapan American Music Awards, dua Billboard Music Awards, empat Billboard Latin Awards, satu MOBO Award dan banyak lagi. Mendapat pujian luas, Apl.de.Ap tampil di hadapan jutaan penonton sepanjang karier yang, hingga saat ini, berlangsung selama dua setengah dekade.

Sebagai anggota Black Eyed Peas, bersama will.i.am dan Taboo, diskografi mereka penuh dengan single yang menduduki puncak tangga lagu dan rilisan multi-platinum. Sembilan album studio dengan 40 single – lagu-lagu seperti Where Is The Love?, Let’s Get It Started, I Gotta Feeling, dan Boom Boom Pow semuanya mendominasi gelombang udara global. Jeda delapan tahun berakhir dengan album tahun 2020 TRANSLATION dan album lanjutan tahun 2022 ELEVATION yang berkolaborasi dengan orang-orang seperti Shakira, Daddy Yankee, J Balvin, dan banyak lagi. Seorang juri di The Voice Philippines, Apl.de.Ap juga menemukan penyanyi J. Rey Soul, yang menggantikan Fergie sebagai vokalis Black Eyed Peas.

APL.DE.AP ( foto : istimewa )

Apl.de.Ap menggunakan pengaruhnya yang besar untuk membuat terobosan di bidang lain termasuk pertanian dan keberlanjutan. Tidak pernah melupakan akar pertanian Filipina yang menjadi latar belakang budayanya, namun selalu terdepan dalam teknologi dan budaya, Apl.de.Ap berada di balik gerakan besar energi hijau baru, biochar. Didirikan pada tahun 2011, Apl.de.Ap Foundation, International (APLFI) miliknya berfokus pada pendidikan kaum muda, memberikan peluang, sumber daya, dan akses lebih kepada kaum muda yang kurang terwakili di seluruh dunia terhadap pendidikan, seni, dan inovasi terkini.

TENTANG SANDARA PARK:

SANDARA PARK, seorang entertainer multi-talenta dengan energi murni, memulai debutnya sebagai anggota grup ikonik 2NE1, yang masih menjadi perbincangan semua orang. SANDARA PARK meraih popularitas sebagai penyanyi di Filipina melalui program audisi bakat ‘Star Circle Quest’ di ABS-CBN pada bulan Juni 2004.

Pada bulan Mei 2009, lagu debut 2NE1 ‘Fire’ menampilkan genre musik yang canggih dan kuat dengan gaya dan penampilan yang inovatif, menjadikan grup ini sebagai pionir hot icon. Di dalam 2NE1, SANDARA PARK membangun citra uniknya melalui style yang tidak konvensional dan sikapnya di atas panggung.

Selanjutnya, dengan hits seperti ‘I Don’t Care’, ‘I Am the Best’, ‘Go Away’, ‘UGLY’, dan ‘Can’t Everyone’, 2NE1 memantapkan posisi mereka sebagai salah satu girl group terkemuka Korea Selatan. Pada bulan September 2009, SANDARA PARK merilis ‘KISS’ yang menampilkan CL, membawakan gaya vokal berorientasi pop. Sejak tahun 2016, ia memperluas kehadirannya melalui berbagai bidang seperti acara TV ‘I Live Alone’ dan ‘Unnies Without Appetite’, menunjukkan energi cerahnya kepada publik.

SANDARA PARK ( foto : istimewa )

 

Pada tahun 2023, ia secara resmi memulai karir musik solonya dengan merilis mini album [SANDARA PARK]. Mengambil sample dari lagu Korea terkenal dengan judul yang sama, lagu utama ‘FESTIVAL’ menampilkan auranya yang bersemangat dan energik. Album ini mencakup beragam lagu yang berkolaborasi dengan artis seperti Heize, GRAY, dan sunwoojunga (SWJA,) yang bertujuan untuk mencapai kelengkapan dan keberagaman untuk menarik semua generasi, sehingga memperkuat karakter uniknya.

(SPR)

Related posts

Dara Arsa luncurkan single perdana berjudul “Jenuh” dipenghujung tahun

Angga Foster

Ketika Hati Bisa Menemukan Kebahagiaannya Kembali, Bemandry Rilis “Sampai Ujung Waktu”

admin

Pearl Jam Umumkan Album Baru Lepas Single Kedua “Running”

AQK

Leave a Comment