April 18, 2024
Image default
What's New

Band Alternatif Australia, Glass Beams, Rilis EP Baru ‘Mahal’

South Jakarta – Band alternatif asal Australia, Glass Beams, telah merilis EP terbaru mereka berjudul ‘Mahal’. Perjalanan EP ‘Mahal’ mereka dimulai 4 pekan lalu saat single titular EP itu berjudul “Mahal” dirilis dan hingga kini telah mendapatkan 5 juta stream di berbagai platform streaming.

Single “Mahal” mengambil perhatian para penikmat musik di berbagai belahan dunia berkat video cuplikan di Instagram yang menampilkan mereka membawakan single itu. Video itu kini telah mendapatkan 1.4 juta like. Sementara itu, video versi lengkapnya berhasil mengumpulkan lebih dari 2.6 juta view di YouTube.

Glass Beams juga berhasil menembus angka 1 juta monthly listeners di Spotify. Angka follower Glass Beams di media sosial pun meroket. Sebanyak lebih dari 500 ribu followers baru mereka raih secara organik di Instagram.

Glass Beams -Portrait- _ Photo Credit Sulaiman Enayatzada

Perjalanan Glass Beams terbilang unik, apalagi hanya dengan dua EP dalam katalog musik mereka dan hampir tidak ada informasi sama sekali tentang ketiga anggota mereka. Terbentuknya band Melbourne ini dimulai saat Rajan Silva bernostalgia akan ingatan masa kecil yang lekat dengan ayahnya yang pindah dari India ke Melbourne, Australia pada akhir dekade 1970an. Rajan kecil dulu sering menonton sebuah DVD berjudul ‘Concert for George’ yang merupakan konser tribute bertabur bintang yang digelar untuk mengenang personel The Beatles yang telah tiada, George Harrison. Konser yang digelar di Royal Albert Hall London pada 2002 itu menampilkan pemain sitar legendaris dari India, Ravi Shankar, bersama anaknya Anoushka, bersama dengan ikon musik dunia barat yaitu Eric Clapton, Paul McCartney, dan Jeff Lynne dari ELO.

Koleksi musik ayah Rajan menjadi sebuah melting pot di mana musik dari vokalis ikonik Bollywood, Asha Bhosle dan keluarga Mangeshkar, disandingkan dengan musik dari legenda dunia blues seperti B.B. King dan Muddy Waters. Yang benar-benar menarik perhatian Rajan adalah meleburnya gaya musik Barat dan musik tradisional India yang dipelopori oleh musisi India seperti R.D. Burman, Ananda Shankar, dan duo Kalyanji-Anandji.

Karya-karya Glass Beams menjadi titik di mana Timur dan Barat bertemu. Tempat di mana tradisi dan modernitas bertemu. Hasilnya adalah perpaduan kultur dan bunyi-bunyian yang timeless, disajikan lewat instrumentasi serba live dan musik elektronika berformat DIY (do it yourself). Semuanya dikemas dengan visual serba mistis dan memukau ciptaan mereka.

EP pertama Glass Beams, ‘Mirage’, yang dirilis pada 2021 menarik perhatian para penikmat musik di berbagai belahan dunia lewat lagu-lagu bernuansa psikedelik yang ditemukan lewat media sosial, layanan streaming, atau pun dari mulut ke mulut. Rilisan fisik vinyl untuk EP itu pun habis terjual secara cepat.

Tak lama bagi mereka untuk akhirnya diundang ke berbagai festival musik ternama di seluruh dunia termasuk Joyland Festival 2023 Jakarta di mana mereka berbagi panggung dengan musisi-musisi ternama dunia seperti InterpolBloc PartyFleet FoxesMew, dan Alvvays. Di atas panggung, Glass Beams membawakan EP ‘Mirage’ dalam berbagai versi yang serba hipnotik dan juga materi-materi yang belum dirilis berdurasi sekitar 20 menit. Rekaman video dari materi-materi yang sebelumnya masih belum dirilis pun viral di media sosial dan berhasil mendapatkan jutaan view. Hari ini, materi-materi itu dapat didengarkan lewat EP ‘Mahal’.

EP ‘Mahal’ sudah dapat didengarkan secara digital hari ini dan versi vinylnya akan dirilis pada 17 Mei lewat Ninja Tune. Glass Beams juga sudah merilis video berdurasi 20 menit di mana mereka membawakan semua lagu di EP terbaru mereka secara langsung.

Glass Beams – Mahal _ Single Artwork ( foto : istimewa)

Daftar lagu EP ‘Mahal’:

1. Horizon

2. Mahal

3. Orb

4. Snake Oil

5. Black Sand

(SPR)

Related posts

Pearl Jam Lepas Single “Wreckage”:Jelang Rilis Album “Dark Matter’

AQK

Sam Morton Umumkan Debut Album ‘Daffodil & Dirt’ Lepas Single , “Let’s Walk In The Night”

AQK

elijah woods Rilis EP ‘silver lining’ Jelang Gelar Tur Asia dan Membuka Konser Niall Horan 

AQK

Leave a Comment