April 18, 2024
Image default
Editor's PicksEvent & CommunityWhat's New

Reality Club Wakili Indonesia di SXSW Festival 2024 di Amerika Serikat

South Jakarta – Band indie-rock Reality Club siap mewakili Indonesia di festival tahunan South by Southwest Music Festival  (SXSW) yang digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat pada 8 sampai 16 Maret 2024. Mereka dijadwalkan tampil di acara musik bertajuk FRIENDS:FOREVER yang akan menjadi acara musik Asia terbesar dalam sejarah SXSW. FRIENDS:FOREVER digelar oleh perusahaan Amerika Serikat yang dimiliki orang-orang Asia, Jaded, yang tahun lalu sukses menggelar acara serupa bertajuk Tiger DenFRIENDS:FOREVER akan digelar selama dua hari pada tanggal 14 dan 15 Maret di Empire Control Room & Garage.

Penyanyi asal California berketurunan Vietnam, thuy, yang viral di Indonesia lewat lagu “girls like me don’t cry” dan trio indie-rock asal Seoul, SE SO NEON, akan menjadi bintang utama FRIENDS:FOREVER yang menampilkan 40 musisi dari Asia dan diaspora Asia yang sedang ramai dibicarakan dan yang berkarir secara independen.

Selain Reality Club, FRIENDS:FOREVER juga akan mendatangkan penyanyi dan produser dance-pop Shelhiel dari Malaysia, penyanyi dan penulis lagu indie Su Lee dari Korea Selatan, produser R&B dan hip-hop STUTS dari Jepang, grup hip-hop Korea 1300 dari Australia, dan kolektif rave Nhạc Gãy dari Vietnam, pemain biola Punjabi dan produser Raaginder yang berbasis di California, band indie-rock Subsonic Eye dari Singapura, dan banyak nama lainnya.

“FRIENDS:FOREVER adalah perayaan kultur anak muda lewat musik yang kita semua cintai. Kami bangga dapat menampilkan generasi baru musisi-musisi yang mengubah lanskap musik secara global dan mereka yang mendobrak batasan-batasan kultur lewat kreativitas dan bakat mereka.” ujar Jing Wang, pendiri dan CEO dari Jaded.

FRIENDS:FOREVER digelar setelah kesuksesan acara Tiger Den yang digelar tahun lalu. Tiger Den yang juga digelar oleh Jaded sukses mencetak sejarah. Sebab acara itu menjadi acara pertama di sejarah SXSW yang menampilkan deretan musisi dari Asia serta diaspora Asia. Grup musik asal Korea Selatan Balming Tiger duduk sebagai kurator dan bintang utama Tiger Den. Tahun lalu Indonesia diwakili musisi hip-hop Indonesia Yacko dan Tuan Tigabelas di gelaran Tiger Den.

Reality Club akan mengikuti jejak sejumlah musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW seperti Efek Rumah KacaWhite Shoes & The Couples CompanyThe SIGIT,  ShaggydogYacko, dan Tuan Tigabelas.

Edisi perdana FRIENDS:FOREVER yang digelar tahun ini selaras dengan misi Jaded untuk terus merayakan dan memberdayakan musisi-musisi Asia di tingkat dunia agar dapat menjadi katalis dalam pergerakan kultur global. Jaded sadar akan pengaruh luar biasa generasi muda terhadap pergerakan kultur. Jaded juga berkomitmen untuk menyediakan beragam sumber daya yang dapat berdampak.

Tentang Jaded
Jaded adalah sebuah perusahaan berbasis di Amerika Serikat yang didedikasikan kepada kultur anak muda Asia. Jaded menyediakan berbagai jasa yang di bidang kreatif dan bisnis untuk membantu seniman-seniman di luar sana. Selain itu, Jaded juga memproduksi konten orisinal dan berbagai acara offline, serta menawarkan jasa konsultasi terkait kultur ke brand-brand pilihan. Jaded percaya bahwa proses keterwakilan dimulai dari infrastruktur sebuah organisasi dengan meningkatkan jumlah sumber daya, membuka akses ke berbagai kesempatan, dan membuka akses ke orang-orang yang ahli di bidangnya. Didirikan pada 2021, Jaded berupaya untuk membangun sebuah brand media global yang percaya bahwa kreativitas dapat dinikmati oleh siapa pun, serta segala batasan kultur dapat didobrak jika talenta-talenta luar biasa yang ada dibarengi dengan strategi yang baik.

Daftar lengkap musisi yang tampil di FRIENDS:FOREVER secara alfabetik:

1300 – Australia
Ako – Jepang
Alice Longyu Gao – Amerika Serikat
Araya – Amerika Serikat
Arches – Hong Kong
Arexibo – Korea Selatan
AUDREY NUNA – Amerika Serikat
BÉBE YANA – Korea Selatan
Bryn – Korea Selatan
Bubble Tea and Cigarettes – Amerika Serikat
Chih Siou – Taiwan
Chloe Tang – Amerika Serikat
Elle Shimada – Australia
Gliiico – Jepang
Hien – Hungaria
HYPNOSIS THERAPY – Korea Selatan
iiso – Korea Selatan
Kaz Moon – Amerika Serikat
Kikuo – Jepang
Lo Moon – Amerika Serikat
MEMI – Korea Selatan
MEYY – Inggris
Mong Tong – Taiwan
mui zyu – Inggris
Nhạc Gãy – Vietnam
Peach Luffe – Kanada
PIAO – Kanada
Pony Girl – Kanada
Raaginder – Amerika Serikat
Reality Club – Indonesia
REI AMI – Amerika Serikat
SE SO NEON – Korea Selatan
Shelhiel – Malaysia
STUTS – Jepang
Su Lee – Korea Selatan
Subsonic Eye – Singapura
TENGGER – Korea Selatan
The fin. – Jepang
thuy – Amerika Serikat
zzzahara – Amerika Serikat

(SPR)

Related posts

Satu Dekade Prambanan Jazz Festival Hadirkan 3 Panggung Selama 3 Hari

AQK

Cerita cinta Zaneta Naomi disingle terbaru “Karena Dirinya”

Angga Foster

BNI Java Jazz Digelar Mei 2024 Angkat Tema ‘Embracing Unity Through Music”

AQK

Leave a Comment