April 18, 2024
Image default
Hot Releases

Rebecca Theodora Lepas Debut Single Solo “Malaise”

South Jakarta – Setelah lebih dari dua dekade berbagi panggung, sebagai penyanyi latar The Upstairs, co-vocalist Goodnight Electric, serta vokalis Bite, Rebecca Theodora kini siap berdiri menghadap lampu sorot sebagai artis solo — ditandai dengan dirilisnya “Malaise” selaku single perdana. Pertama kali ditulis pada 2016, mengalami pemolesan lirik pada 2017, dan aransemen yang baru difinalisasi saat pandemi global menjangkit, “Malaise” menjadi wujud dari sensibilitas bermusik Rebecca yang terus berkembang dalam bertahun-tahun belakangan.

Awalnya, Rebecca menulis “Malaise” untuk Bite. Namun karena Bite tidak lagi aktif, lagu ini sempat terkubur lama. “Ketika pandemi saya baru terpikir, daripada gila enggak ngapa-ngapain, lebih baik berkarya. Makanya materi lama itu saya ulik lagi. Jadi fondasi aransemen dan suasana lagu ini murni dari saya sendiri,” kenang Rebecca

Lirik lagu “Malaise” diakui Rebecca bercerita tentang percakapan yang terjadi antara dirinya dengan otaknya saat mengalami serangan panik. Ia menjelaskan, “Inspirasinya dari kejadian yang saya alami pada suatu Senin jam 3 – 7 pagi. Saya berusaha mengungkapkan atau menceritakan kekacauan, ketakutan, dan psikosomatik yang saya rasakan waktu itu lewat lagu ini.”

“Walaupun mungkin enggak akan sama dan orang enggak bisa benar-benar kebayang, tapi alangkah manisnya ketika jadi lagu malah bisa dinikmati atau menghibur orang-orang,” lanjutnya.

Dalam rangka mencapai tujuannya tersebut, Rebecca kemudian mengajak Baldi Calvianca dan Benedict Pardede dari kolektif musik Gentle Tuesday untuk menjadi produser. Hasilnya adalah nomor elektronik dingin yang melayangkan pikiran kepada hasil kolaborasi tiga arah Julee Cruise, Angelo Badalamenti, dan David Lynch atau rilisan-rilisan label rekaman Italians Do It Better.

Artwork "Malaise" - Rebecca Theodora ( foto : istimewa )
Artwork “Malaise” – Rebecca Theodora ( foto : istimewa )

Tidak tanggung-tanggung, Gentle Tuesday kemudian berkeputusan menjadikan “Malaise” dari Rebecca Theodora sebagai rilisan pertama label rekaman mereka yang baru berdiri. Mengenai keputusan ini, pihak Gentle Tuesday menerangkan:

“Rebecca memiliki karakter bermusik yang kuat, punya warna tersendiri. Mau ditempel dengan The Upstairs, GoodnightE lectric, ataupun Bite, Rebecca ya tetap saja Rebecca. Ini menarik dan menantangs ekaligus, karena dia bisa membawa kami ke teritori musik yang enggak pernah kami capai sebelumnya.”

“Malaise” persembahan Rebecca Theodora bisa didengar melalui akun Bandcamp Gentle Tuesday Recordings, dan di semua layanan streaming musik digital lainnya disertai dengan versi remix dari Aryo Adhianto alias A Fine Tuning Creation. Desain sampul single-nya dikerjakan oleh seniman/fotografer Moses Sihombing yang juga merupakan anggota Gentle Tuesday dan pernah membuat sampul untuk, di antaranya, Swellow dan Avhath.

Song Credits
Rebecca Theodora – Malaise
Song Written By Rebecca Theodora
Performed by Rebecca Theodora
Recorded at Studio Masak Suara
Special thanks to Anugrah Swastadi for Vocal treatments
All instrument played by Baldi Calvianca and Benedict Pardede
Produced by Baldi Calvianca & Benedict Pardede
Mixed by Jonathan Pardede
Mastered by Sam Berdah at The Wall Studio
Released by Gentle Tuesday Recordings
Artwork by Moses Sihombing & Rebecca Theodora
Photography by Moses Sihombing
C&P Gentle Tuesday Recordings 2024

(SPR)

Related posts

Serial Game of Thrones Menginspirasi Siberian Redsocks Rilis “Northern Ballad”

admin

Kolaborasi Andi Rianto dan Rony Parulian Remake Lagu ‘Sepenuh Hati”

AQK

We Are Neurotic Melepas Album “You Are Not Even Close”

admin

Leave a Comment