April 18, 2024
Editor's PicksEvent & Community

Kaset Awards perdana sukses digelar

Depok – Setelah berbulan-bulan proses kurasi yang panjang, akhirnya ajang penghargaan pertama dari Jaringan Jurnalis Musik (JJM) buat musisi-musisi tanah air dalam bentuk ‘Kaset Awards’ sukses digelar pada tanggal 18 Oktober 2023 yang lalu. Acara keren ini berlangsung di Pasren Asthana Kemang, Jakarta Selatan, dan dihadiri oleh jurnalis, musisi, penyanyi, label, manajemen artis, dan promotor.

Foto : I Wayan Bhagartana

Nah, acara seru ini dipandu dengan apik oleh penyanyi muda berbakat, Awan Senna. Dan kamu tahu apa? Beberapa musisi dan artis nge-rockin’ banget di ‘Kaset Awards 2023’ ini, seperti Dodit Mulyanto dan bandnya, Jordan Susanto, Band Om Om, The Portray, Isabel Azhari, dan Krisna Tyas. Gak cuma itu, beberapa selebriti juga ikutan meramaikan dengan membacakan nominasi, seperti Sigit Wardana, Gugun Blues Shelter, Fia WAMI, Fey Luthfi, Arya Element, dan Resty Ananta. Di samping itu, jurnalis-jurnalis keren seperti Mudya Mustamin, Ryan Kampua, Edo Musiclive, Donny Anggoro, Alung ‘Bicaramusik’, Angga Foster, Mahdesi Iskandar, Kintan ‘Indonesiasenang’, dan Qenny Bolehmusic juga turut hadir.

Selain dari Jaringan Jurnalis Musik (JJM), Deteksi Production juga ikutan mendukung acara seru ini. Harry ‘Koko’ Santoso, CEO Deteksi Production, ikut andil dengan membacakan pemenang untuk kategori Festival Musik Terbaik.

Acara malam itu dimulai dengan sambutan hangat dari Andree Stroo, yang mewakili Jaringan Jurnalis Musik. DJ Stroo ini bilang kalau ‘Kaset Awards’ adalah cara kita mengapresiasi kerja keras para musisi Indonesia. Dia juga menyampaikan harapannya agar acara ini terus lebih baik ke depannya.

Foto : I Wayan Bhagartana

Eh, tahu gak? Band Efek Rumah Kaca (ERK) diumumkan sebagai pemenang kategori ‘Band Terbaik’. Cholil Mahmud yang mewakili band itu nggak nyangka bisa menang, soalnya mereka harus bersaing dengan nama-nama besar kayak God Bless dan Burgerkill. Cholil ngucapin terima kasih kepada jurnalis musik yang sudah memilih mereka. Sukses banget, ya!

Gugun Blues Shelter juga dapet penghargaan buat kategori artwork terbaik, malam itu. Pas di moment itu, mereka cerita, “Artwork untuk lagu ‘Jingga’ ini kita pilih di saat-saat terakhir, dan kita kolaborasi sama seorang seniman dari Purwokerto. Makasih banget buat Kaset Awards yang udah memilih kita!”

Foto : I Wayan Bhagartana

Sementara Burgerkill, yang menang kategori ‘Video Terbaik’, sayangnya gak bisa dateng dan diwakilin sama sang vokalis Ronald lewat video. Dia bilang, “Sebentar cerita, lagu ‘Hollow’ ini kami dedikasikan buat sahabat terbaik kami, almarhum Ebentz yang udah berpulang duluan. Kami juga mau ngucapin terima kasih buat teman-teman Begundal yang selalu support Burgerkill dari awal sampai sekarang. Sukses terus buat Kaset Awards dan musik Indonesia!”

Selain itu, Isyana Sarasvati yang menang kategori ‘Solois Wanita Terbaik’ juga gak bisa hadir, tapi dia ngirim ucapan terima kasih lewat video screen. Dia bilang, “Terima kasih banyak buat panitia Kaset Awards 2023. Aku seneng banget bisa jadi solois wanita terbaik. Makasih buat para jurnalis yang udah pilih dan apresiasi karyaku. Semoga aku bisa terus jadi inspirasi dan tempat buat para wanita berekspresi dengan sejujur-jujurnya dan sebaik-baiknya.”

Nah, ini dia daftar lengkap pemenang Kaset Awards 2023:

  • Pendatang Baru Terbaik: Lomba Sihir – Pesona
  • Band Terbaik: Efek Rumah Kaca – Manifesto (single)
  • Kolaborasi Terbaik: Diskoria, Laleilmanino, Eva Celia – C.H.R.I.S.Y.E.
  • Solois Pria Terbaik: Tulus – Manusia (Album)
  • Solois Wanita Terbaik: Isyana Sarasvati – My Mystery
  • Soundtrack Terbaik: Yura Yunita – Jalan Pulang (OST. Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang)
  • Artwork Terbaik: Gugun Blues Shelter – Jingga
  • Music Video Terbaik: Burgerkill – Hollow
  • Music Festival Terbaik: Hammersonic Festival, 18-19 Maret 2023, Carnaval Ancol Jakarta
  • Konser Terbaik: Sheila On 7 – Tunggu Aku di Jakarta, 28 Januari 2023, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Related posts

SWAG Event hari ini dimeriahkan Nadiya Rawil, KAV Project dan Tisya Liotta

Aqila Daffa

Hara, proyek Solo Rara Sekar Lepas Single Soundtrack “Dua Hati Biru”

AQK

Stacey Ryan bikin segar Java Jazz 2023

Silvia Rossyana

Leave a Comment